Ads

Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 14 Juli 2020

LARUTAN ELEKTROLIT MAPEL KIMIA KELAS 10

Larutan adalah campuran dua zat atau lebih yang bersifat homogen. Zat-zat penyusun suatu larutan membentuk suatu kesatuan sehingga tidak terbentuk lapisan dan tidak dapat disaring. Larutan terdiri atas dua komponen, yaitu zat terlarut dan zat pelarut. Zat terlarut adalah zat yang jumlahnya lebih sedikit, sedangkan zat pelarut adalah zat yang jumlahnya lebih banyak. Misalnya pada larutan gula, gula adalah zat terlarut dan air adalah pelarutnya.
Berdasarkan daya hantar listriknya, larutan dibedakan menjadi dua, yaitu larutan elektrolit dan nonelektrolit. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan listrik, sedangkan larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik. Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena di dalamnya terdapat ion-ion yang bergerak bebas. Ion-ion inilah yang berfungsi sebagai media/ perantara untuk menghantarkan arus listrik. Sementara itu, larutan nonelektrolit tidak mengandung ion-ion, sehingga tidak memiliki media/ perantara untuk menghantarkan arus listrik. Di dalam air, zat-zat yang tergolong larutan elektrolit akan terurai menjadi ion-ion, sedangkan zat-zat yang tergolong larutan nonelektrolit tetap dalam bentuk molekul. Perhatikan contoh berikut.
Contoh: Larutan elektrolit
                              NaCl → Na+ + Cl
                              KOH → K+ + OH
                              CH3COOH → CH3COO + H+

Contoh: Larutan Nonelektrolit
                              C12H22O11 → C12H22O11
                              CO(NH2)2 → CO(NH2)2





                       Gambar 1. Percobaan daya hantar listrik menggunakan larutan elektrolit kuat


 
  

Gambar 2. Percobaan daya hantar listrik menggunakan larutan elektrolit lemah



                            
                        Gambar 3. Percobaan daya hantar listrik menggunakan larutan non elektrolit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAPEL KIMIA BAB 11 Sistem Koloid

  Pada artikel kali ini, kita akan belajar tentang materi koloid, mulai pengertian, jenis-jenis, cara pembuatan, sampai manfaat koloid dalam...