Ads

Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 24 Januari 2021

MAPEL FISIKA BAB 8 KONSEP FENOMENA QUANTUM

 Fisika Kuantum – Menjelang akhir abad ke-19, banyak perkembangan yang terjadi pada dunia fisika. Setelah ditemukannya teori mekanika Newton, teori elektromagnetik Maxwell, dan termodinamika, fisika berhasil menjelaskan berbagai macam fenomena yang terjadi di dunia. Ketiga teori tersebut kemudian dikenal sebagai fisika klasik.

Seiring dengan berkembangnya berbagai peralatan untuk eksperimen, para fisikawan menemukan bahwa ada fenomena-fenomena yang tidak dapat dijelaskan menggunakan teori fisika klasik. Fenomena-fenomena ini baru dapat dijelaskan pada awal abad ke-20 yang merupakan awal era fisika modern. Era fisika modern sendiri ditandai dengan penemuan teori fisika yang mampu menjawab fenomena-fenomena yang sebelumnya tidak dapat dijelaskan oleh teori fisika klasik.

1. Fenomena Radiasi Benda Hitam

Kegagalan fisika klasik bermula di akhir abad ke-19 ketika para ilmuwan tidak mampu menjelaskan fenomena radiasi benda hitam. Meskipun tidak ada benda yang benar-benar hitam sempurna di dunia ini, secara teori benda hitam akan menyerap semua cahaya yang datang tanpa memancarkan radiasi energi berupa panas seperti benda-benda lainnya. Namun faktanya benda hitam tetap memancarkan radiasi energi dengan tingkatan atau intensitas yang berbeda. Intensitas ini dapat diprediksi dengan mengetahui temperaturnya menggunakan Hukum Rayleigh-Jeans.

Hukum Rayleigh-Jeans ditemukan oleh Lord Rayleigh dan Sir James Jeans, dua ilmuwan asal Inggris tahun 1900. Menurut hukum tersebut, semakin pendek suatu gelombang, seperti sinar ultraviolet, maka intensitas radiasi energinya semakin tinggi menuju tak hingga.
Sayangnya, hasil eksperimen menunjukkan bahwa semakin pendek gelombangnya, intensitas radiasinya justru menurun. Kegagalan Hukum Rayleigh-Jeans menjelaskan fenomena radiasi benda hitam ini dikenal sebagai Bencana Ultraviolet atau Ultraviolet Catastrophe.

2. Teori Kuantum

Pada tahun 1900, seorang fisikawan asal Jerman, Max Planck muncul dengan gebrakan baru yang menjadi awal munculnya fisika modern. Planck mampu menjelaskan permasalahan bencana ultraviolet yang sebelumnya tidak mampu dijelaskan oleh ilmuwan-ilmuwan lainnya.

Menurut Planck, radiasi elektromagnetik yang dipancarkan suatu benda terbagi-bagi, atau diskret ke dalam paket-paket energi yang disebut Kuantum. Besarnya energi ini bergantung pada besarnya frekuensi gelombang elektromagnetik. Planck menjelaskan teorinya ini dengan rumus matematik berikut.


E = h \cdot v
E = \space\text{energi}(J)
h = \space\text{konstanta Planck} \space (6{,}626 \cdot 10^{-34} Js)
v = \space\text{frekuensi radiasi} \space(s^{-1})

Teori Planck ini mampu menjelaskan bencana ultraviolet. Hasil perhitungan dengan persamaan Planck ini ternyata sama dengan hasil eksperimen sebelumnya. Mereka menunjukkan grafik pengamatan benda hitam dengan pola yang sama.

Atas penemuannya ini, Max Planck mendapatkan penghargaan Nobel Fisika pada tahun 1918. Teori Planck kemudian lebih dikenal sebagai Teori Kuantum dan mengawali peralihan fisika klasik menuju fisika modern. Teori Planck juga menginspirasi banyak ilmuwan terhadap berbagai pandangan baru, salah satunya mengenai cahaya.

3. Pemahaman Klasik Cahaya Sebagai Gelombang

Isaac Newton mengatakan bahwa cahaya terdiri atas partikel-partikel yang sangat kecil. Namun, berbagai eksperimen membuktikan bahwa cahaya juga merupakan sebuah gelombang. Salah satu eksperimen yang membuktikan bahwa cahaya merupakan gelombang adalah eksperimen celah ganda yang dilakukan oleh Thomas Young pada tahun 1801. Young menutup jendela di suatu ruangan gelap dan hanya membuka satu celah kecil yang menjadi sumber cahaya tunggal. Di depan cahaya tersebut diletakkan dua celah tipis yang berdekatan. Cahaya dari celah ganda tersebut kemudian diamati melalui sebuah layar.

Menurut teori Newton, hanya akan ada dua titik terang yang terlihat di layar karena partikel bergerak lurus melalui dua celah yang ada. Namun yang terbentuk di layar adalah pola gelap terang. Pola gelap terang ini muncul karena adanya fenomena interferensi yang dihasilkan oleh gelombang. Bagian gelap muncul ketika gelombang cahaya dari kedua celah saling meniadakan, dan bagian terang muncul ketika keduanya saling menguatkan. Berdasarkan percobaan tersebut, Young menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang. Sayangnya, pemahaman klasik mengenai cahaya ini menemukan permasalahan ketika dihadapkan pada peristiwa efek fotolistrik.

4. Efek Fotolistrik

Peristiwa efek fotolistrik pertama kali diamati oleh fisikawan asal Jerman, Heinrich Hertz tahun 1887. Peristiwa ini berkaitan dengan suatu permukaan logam yang disinari oleh cahaya. Hasil dari penyinaran ini nantinya akan melepas elektron dari permukaan logam. Elektron yang lepas ini dapat diketahui karena muncul arus listrik. Munculnya arus listrik karena cahaya ini kemudian disebut sebagai efek fotolistrik.

Menurut Young, cahaya adalah gelombang yang mampu melepaskan elektron karena adanya transfer energi dari cahaya ke elektron. Energi elektron yang lepas dari permukaan logam akan dipengaruhi oleh intensitas cahaya, yakni seberapa terang cahaya tersebut menyinari permukaan logam. Semakin terang cahayanya, semakin besar energi elektronnya.

Namun kenyataannya, energi elektron yang lepas tidak dipengaruhi oleh intensitas cahaya. Sebanyak apapun cahaya yang disorot ke permukaan logam, tidak mempengaruhi energi elektron yang lepas, namun jumlah elektron yang lepas. Ketika permukaan logam disinari cahaya yang redup, jumlah elektron yang keluar akan sedikit. Sebaliknya, ketika permukaan logam disinari oleh cahaya yang terang, jumlah elektron yang keluar juga akan banyak. Namun, tingkat energi yang dikeluarkan akan tetap sama.

Tingkat energi akan berubah jika frekuensi cahaya berubah. Semakin besar frekuensi cahayanya, semakin besar pula energi elektron yang dihasilkan. Ini menunjukkan bahwa intensitas cahaya hanya berpengaruh pada jumlah elektron yang lepas, bukan energinya. Ini bertentangan dengan teori gelombang cahaya yang menyatakan bahwa intensitas cahaya berpengaruh pada jumlah energi elektron.

5. Pemahaman Cahaya Sebagai Artikel

Albert Einstein, seorang ahli fisika asal Jerman terinspirasi dengan pandangan Planck tentang radiasi gelombang elektromagnetik yang menjelaskan bahwa gelombang elektromagnetik terpaket-paket dalam energi yang disebut kuantum. Namun, Einstein lebih terfokus pada cahaya, salah satu gelombang elektromagnetik.

Einstein berpendapat bahwa sifat cahaya sebagai partikel berperan pada efek fotolistik. Einstein mengatakan bahwa cahaya adalah partikel yang memiliki massa dan momentum sehingga partikel bisa bertumbukan. Cahaya sebagai artikel ini dikenal dengan nama foton.

Pendapat Einstein ini menjawab pertanyaan mengapa intensitas cahaya hanya memengaruhi jumlah elektron yang lepas. Elektron-elektron yang lepas dari logam merupakan hasil tumbukan elektron dengan foton cahaya. Setelah saling bertumbukan, foton akan musnah karena menyerahkan energinya kepada elektron yang tertumbuk.

Sebagian energi yang diterima elektron akan digunakan oleh elektron untuk melepaskan diri dari permukaan logam, agar bisa lepas dari energi ambangnya. Energi ambang adalah energi batas yang dimiliki oleh logam untuk melepaskan elektronnya. Elektron baru bisa lepas dari permukaan logam apabila melewati energi ambangnya. Sisa energi dari foton tadi menjadi energi kinetik maksimal elektron setelah elektron bebas dari logam. Secara matematik dapat dituliskan melalui persamaan berikut.


E = W_0 + EK_{maks}
E =\space\text{energi foton}
W_0 = \space\text{energi ambang}
EK_{maks} = \space\text{energi kinetik maksimal}

Atas jasanya dalam menjelaskan fenomena efek fotolistik, Albert Einstein kemudian mendapat penghargaan Nobel Fisika pada tahun 1921.

Dari  penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa selain sebagai gelombang, cahaya juga dapat berperilaku sebagai partikel. Dari simpulan tersebut, muncul gagasan Dualisme Gelombang Partikel di mana cahaya tidak hanya bisa bersifat sebagai gelombang namun dapat bersifat sebagai partikel pada situasi tertentu.


Rumus Minimal


Energi Foton
E = hf
E = h( c/λ )

Energi Foton Sejumlah n
E = nhf
E = nh( c/λ )

Konversi
1 elektron volt = 1 eV = 1,6 x 10−19 joule
1 angstrom = 1 Å = 10−10 meter
1 nanometer = 1 nm = 10−9 meter
Daya → Energi tiap sekon
Intensitas → Energi tiap sekon persatuan luas

Contoh Soal dan Pembahasan


Soal No. 1
Tentukan kuanta energi yang terkandung dalam sinar dengan panjang gelombang 6600 Å jika kecepatan cahaya adalah 3 x 108 m/s dan tetapan Planck adalah 6,6 x 10−34 Js !

Pembahasan
E = h(c/λ)
E = (6,6 x 10−34 )( 3 x 108/6600 x 10−10 ) = 3 x 10−19 joule

Soal No. 2
Panjang gelombang cahaya yang dipancarkan oleh lampu monokromatis 100 watt adalah 5,5.10−7 m. Cacah foton (partikel cahaya) per sekon yang dipancarkan sekitar....
A. 2,8 x 1022 /s
B. 2,0 x 1022 /s
C. 2,6 x 1020 /s
D. 2,8 x 1020 /s
E. 2,0 x 1020 /s
(Sumber soal : UM UGM 2004)

Pembahasan
Data :
P = 100 watt → Energi yang dipancarkan tiap sekon adalah 100 joule.

Energi 1 foton
E = h(c/λ)
E = (6,6 x 10−34 )( 3 x 108/5,5 x 10−7 ) joule

Jumlah foton (n)
n = 100 joule : [ (6,6 x 10−34 )( 3 x 108/5,5 x 10−7 ) joule] = 2,8 x 1020 foton.

Soal No. 3
Intensitas radiasi yang diterima pada dinding dari tungku pemanas ruangan adalah 66,3 W.m−2. Jika tungku ruangan dianggap benda hitam dan radiasi gelombang elektromagnetik pada panjang gelombang 600 nm, maka jumlah foton yang mengenai dinding persatuan luas persatuan waktu adalah ....(h = 6,63 x 10− 34 J.s, c = 3 x 108 m.s− 1)
A. 1 x 1019 foton
B. 2 x 1019 foton
C. 2 x 1020 foton
D. 5 x 1020 foton
E. 5 x 1021 foton
(Sumber soal : UN Fisika SMA 2010)

Pembahasan
Data :
I = 66,3 W.m−2 → Energi yang diterima tiap sekon tiap meter persegi adalah 66,3 joule.

Energi 1 foton
E = h(c/λ)
E = (6,63 x 10−34 )( 3 x 108/600 x 10−9 ) joule

Jumlah foton tiap sekon tiap satuan luas adalah:
n = 66,3 joule : [ (6,63 x 10−34 )( 3 x 108/600 x 10−9 ) joule] = 2 x 1020 foton

Soal No. 4
Tentukan perbandingan kuanta energi yang terkandung dalam sinar dengan panjang gelombang 6000 Å dan sinar dengan panjang gelombang 4000 Å !

Pembahasan
Data :
λ1 = 6000 Å
λ2 = 4000 Å

E = h(c/λ)
E1/E2 = λ2 : λ1 = 4000 : 6000 = 2 : 3

Soal No. 5
Energi foton sinar gamma adalah 108 eV. Jika h = 6,6 x 10−34 Js dan c = 3 x 108 m/s, tentukan panjang gelombang sinar gamma tersebut dalam satuan angstrom!

Pembahasan
Data :
E = 108 eV = 108 x (1,6 x 10−19) joule = 1,6 x 10−11 joule
h = 6,6 x 10−34 Js
c = 3 x 108 m/s
λ = ...?

λ = hc / E
λ = ( 6,6 x 10−34)(3 x 108) / (1,6 x 10−11)
λ = 12,375 x 10−15 meter =12,375 x 10−15 x 1010 Å = 12,375 x 10−5 Å

Soal No. 6
Bola lampu mempunyai spesifikasi 132 W/220 V, ketika dinyalakan pada sumber tegangan 110 V memancarkan cahaya dengan panjang gelombang 628 nm. Bila lampu meradiasikan secara seragam ke segala arah, maka jumlah foton yang tiba persatuan waktu persatuan luas di tempat yang berjarak 2,5 m dari lampu adalah ... (h =6,6.10−34 J s)
(A) 5,33 . 1018 foton.s m−2
(B) 4,33 . 1018 foton.s m−2
(C) 3,33 . 1018 foton.s m−2
(D) 2,33 . 1018 foton.s m−2
(E) 1,33 . 1018 foton.s m−2
(Sumber soal : SIMAK - UI 2009)

Pembahasan
Daya Lampu yang memiliki spesifikasi 132 W/220 V saat dipasang pada tegangan 110 V dayanya akan turun menjadi :
P2 =(V2/V1)2 x P1
P2 =(110/220)2 x 132 watt = 33 watt

Intensitas (daya persatuan luas) pada jarak 2,5 meter :
I = (P/A) dengan A adalah luas permukaan, anggap berbentuk bola (luas bola empat kali luas lingkaran).
I = (P/4π r2)
I = (33/4π (2,5)2) = 0,42 watt/m2
0,42 watt/m2 → Energi tiap sekon persatuan luas adalah 0,42 joule.

Jumlah foton (n) :
n = 0,42 : (hc/λ) = [ 0,42 ] : [ ( 6,6 x 10−34 )( 3 x 108 )/( 628 x 10−9 ) ] = ( 0,42 ) : (3,15 x 10−19 )
n = 1,33 x 1018 foton

Rabu, 13 Januari 2021

MAPEL ENGLISH LM KELAS 12 Discussion Text

 

The Advantage and Disadvantage of Nuclear Power


 Objectives
In this lesson, you will learn about how to understand the Definition, Generic structure, social function of discussion text.
Learn about it!
Discussion text
Do you ever discuss??? Huh, I’m sure my friends must be familiar with the discussion and often do it. We often discuss to find a solution to a problem faced. In the discussion, of course, there are pros and cons. Because the discussion is actually to get consensus or agreement from others. We do discussion not only in the world of education but we also often discuss for small things like asking for opinions. Well, actually one of the English genres of text that is Discussion Text brings the same discourse as when we discuss something.
When we discuss a matter, of course in our discussion there are various arguments/opinions. Likewise in Discussion Text, this text has two different opinions; one, agreeable opinion and, two, disagreeable opinions. Therefore we must have a broad view of a problem if we want to make a discussion text.
For more details, let’s one by one discuss what we should understand in studying Discussion Text.
Definition of Discussion Text
Discussion is a process of finding common ground between two different thoughts, views or opinions. And discussion text can be defined :
Discussion text is a text which presents a problematic discourse. This problem will be discussed from different viewpoints. Discussion is commonly found in philosophical, historic, and social text. In other word, Discussion is a kind of genre used to present (at least) two points of view about an issue.
General structure of Discussion Text
– Issue: stating the issue which is to discussed
– Argument pro: presenting the point in supporting the presented issue
– Argument cons: presenting other points which disagree to the supporting point
– Conclusion/recommendation: stating the writer’ recommendation of the discourse
Purpose of Discussion text
– To present two points of view about issues or problems.
– To present arguments from differing points of view about the issue or problem..



Language feature of Discussion text
– Introducing category or generic participant
– Using thinking verb; feel, hope, believe, etc
– Using contrastive conjunction; however, on the other hand, but, in other side, although, etc
– Using modalities; must, should, could, may, etc
– Using adverbial of manner; deliberately, hopefully, etc
– Simple present
Do you understand?
1.    Definition of Discussion
Discussion is a text which presents a problematic discourse. This problem will be discussed from different viewpoints. Discussion is commonly found in philosophical, historic, and social text.
2.    Generic Structure of Discussion
·         Statement of the issue; stating the issue which is to discussed
·         List of supporting points; presenting the point in supporting the presented issue
·         List of contrastive point; presenting other points which disagree to the supporting point
·         Recommendation; stating the writer' recommendation of the discourse
3.    Language Feature of Discussion
·         Introducing category or generic participant
·         Using thinking verb; feel, hope, believe, etc
·         Using additive, contrastive, and causal connection; similarly, on the hand, however, etc
·         Using modalities; must, should, could, may, etc
·         Using adverbial of manner; deliberately, hopefully, etc
4.    Examples and structures of the text

Homework
Issue
I have been wondering if homework is necessary.
Statement of issue and Preview
I think we should have homework because it helps us to learn and revise our work.
Homework helps people who aren’t very smart to remember what they have learned. Homework is really good because of it helps with our education.
Statement of various viewpoints
But, many times, doing homework is not a great idea. I think we shouldn’t have homework because I like to go out after school at a restaurant or the movies. Sometimes homework is boring and not important.
I think homework is bad because I like to play and discuss things with my family.

The Advantage and Disadvantage of Nuclear Power
Nuclear power is generated by using uranium which is a metal mined in various part of the world. The first large scale of the nuclear power station was opened at Calder Hall in CumbriaEngland in 1956.
Some military ships and submarines have nuclear power plants for the engine. Nuclear power produces around 11% of the world's energy needed and produces huge amounts of energy. It causes no pollution as we would get when burning fossil fuels. The advantages of a nuclear plant are as follow:
  • It costs about the same coal, so it is not expansive to make.
  • It does not produce smoke or carbon dioxide, so it does not contribute to the greenhouse effect.
  • It produces huge amounts of energy from small amount of uranium.
  • It produces small amount of waste.
  • It is reliable.
On the other hand, nuclear power is very, very dangerous. It must be sealed up and buried for many years to allow the radioactivity to die away. Furthermore, although it is reliable, a lot of money has to be spent on safety because if it does go wrong, a nuclear accident ca be a major accident.
People are increasingly concerned about this matter. In the 1990's nuclear power was the fastest growing source of power in many parts of the world.

Note on the Generic Structure of Discussion Text
Discussion is a process to find the meet point between two different ideas. It is important to to get the understanding between the two differences. In many social activities, discussion is the effective way to calm down any friction and difference in thought, perception and recommendation.
This example of discussion text present the two poles, between the advantage and disadvantage of using nuclear plant to fulfill the energy needed. It is a case which need to be talked and discussed from two points. They are represented in the generic structure which is used:
Stating the Issue: In the first paragraph, it is stated that using nuclear power can be the choice in fulfilling the needed energy.
Supporting Point: In the second paragraph, it is presented the advantages of nuclear power plant to be used as the source of the world's energy needed
Contrastive Point: The third paragraph shows the balance. It gives the contradictory idea in using nuclear power plant as the resource of energy.
Recommendation: This text is ended with a similar recommendation on how people should concern in the matter of nuclear energy.
A.   Hunting Fox
Foxhunting is a subject that provokes very strong feelings. Many people believe that it is cruel to hunt a fox with dogs and totally agree with its ban.
Many farmer and even conservationists, however, have always argue that the fox is a pest which attacks livestock and must be controlled.
 (Taken from: www.bbc.co.uk)

Generic Structure Analysis
Stating the issue; hunting fox.
Supporting point; farmers and conservationists agree to hunt fox because they attack livestok.
Contrastive point; many people disagree hunting fox with dog because it is cruel.
Recommendation; Do not be cruel in hunting fox just control it in safe way.
Language Feature Analysis
Introducing category participant; farmer, conservationists.
Using thinking verb; believe.
Using connectives;
Using modalities; must, always

 


MAPEL KIMIA BAB 11 Sistem Koloid

  Pada artikel kali ini, kita akan belajar tentang materi koloid, mulai pengertian, jenis-jenis, cara pembuatan, sampai manfaat koloid dalam...