Ads

Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 09 November 2020

MAPEL KIMIA BAB 4 SENYAWA ORGANIK

 SENYAWA ORGANIK

A. Pengertian Senyawa Karbon

Sebelum membahas detail tentang senyawa karbon, tentu kamu harus tahu dulu ya apa itu pengertiannya. Senyawa karbon adalah senyawa yang komponen utamanya tersusun dari atom karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), sulfur (S), dan unsur organik lainnya.

Karbon merupakan komponen terbesar dalam senyawa ini. Hal ini disebabkan oleh keistimewaan atom karbon. Elektron valensi atom karbon yang berjumlah 4, memungkinkan karbon dapat mengikat 4 atom karbon atau unsur lainnya. 

Karbon juga bisa membentuk ikatan tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga, lho, Quipperian. Keistimewaan ini membuat atom karbon mampu membentuk rantai karbon. 

B. Penggolongan Senyawa Karbon

Karena kemampuan atom karbon yang bisa membentuk rantai karbon dan mengikat gugus fungsi yang beragam, senyawa karbon pun memiliki cakupan yang luas. Nah, supaya lebih mudah mempelajarinya, senyawa karbon digolongkan berdasarkan gugus fungsi yang dimiliki.

Berdasarkan gugus fungsinya, inilah penggolongan senyawa karbon:
Supaya kamu lebih gampang lagi untuk mengingatnya, Quipper Blog punya SUPER alias Solusi Quipper, nih.

C. Golongan Senyawa Karbon dan Karakteristiknya

1. Alkohol (Alkanol)

a. Pengertian dan Penggolongan Alkohol

Alkohol merupakan senyawa karbon dengan gugus fungsi -OH (gugus hidroksi). Rumus umumnya ialah R- OH. Alkohol gampang larut dalam air dan titik didihnya relatif tinggi, karena adanya ikatan hidrogen. Berdasarkan letak gugus hidroksinya, alkohol dibedakan jadi 3 jenis, yakni alkohol primer, sekunder, dan tersier.

b. Tata Nama Senyawa Alkohol 

Menurut IUPAC, tata nama alkohol adalah sebagai berikut.

  • Rantai terpanjang yang menjadi nama alkoholnya harus mengikat gugus fungsi         -OH. 
  • Penomoran atom karbon dimulai dari yang paling dekat dengan atom karbon pengikat gugus fungsi -OH. 
  • Jika terdapat lebih dari satu gugus hidroksil, digunakan penandaan di, tri, dan   seterusnya sebelum akhiran -ol.

c. Reaksi pada Alkohol

2. Eter (Alkoksi Alkana)

a. Pengertian Eter

Eter ialah senyawa karbon dengan rumus molekul R-O-R’, dengan R dan R’ merupakan gugus alkil, baik alkil sejenis atau tidak. Atom oksigen pada rumus molekul eter bertindak sebagai gugus fungsi. Eter sukar larut dalam air, karena sifatnya yang nonpolar. Eter bersifat mudah terbakar dan titik didihnya relatif rendah. 

b. Tata Nama Eter 

Menurut IUPAC, tata nama eter adalah sebagai berikut.

  • Rantai karbon terpendek yang mengikat gugus fungsi –O– ditetapkan sebagai gugus fungsi alkoksinya.
  • Rantai karbon yang lebih panjang diberi nama sesuai senyawa alkananya. Untuk nama trivial, penamaan eter dilakukan dengan menyebutkan nama kedua gugus alkil yang mengapit gugus –O–, kemudian diberi akhiran eter.

c. Reaksi pada Eter

3. Aldehid (Alkanal)

a. Pengertian Aldehid

Nah, kalau aldehid ialah senyawa karbon dengan rumus molekul R-CHO yang mengandung gugus karbonil. Gugus karbonil adalah suatu gugus fungsi yang terdiri atas sebuah atom karbon dan atom oksigen yang berikatan rangkap. 

Aldehid bisa larut dalam air, karena sifatnya yang polar, Quipperian. Aldehid juga bisa dioksidasi oleh pereaksi Fehling dan Tollens. Dengan pereaksi Fehling, aldehid menghasilkan endapan merah bata. Sementara dengan pereaksi Tollens, aldehid menghasilkan cermin perak. 

b. Tata Nama Aldehid 

Menurut IUPAC, tata nama aldehid adalah sebagai berikut.

  • Rantai terpanjang yang menjadi nama alkanalnya harus mengikat gugus - CHO. 
  • Penomoran atom karbon dimulai dari atom karbon pengikat gugus - CHO. 

4. Keton (Alkanon)

a. Pengertian Keton

Kalau keton merupakan senyawa karbon dengan rumus umum R–CO–R’. Keton disebut juga sebagai senyawa karbonil karena memiliki gugus fungsi C= O. Keton dapat dibuat dari oksidasi alkohol sekunder. Keton tidak dapat dioksidasi oleh pereaksi Fehling dan Tollens, sehingga dapat dibedakan dari aldehid. 

b. Tata Nama Keton

Menurut IUPAC, tata nama keton adalah sebagai berikut. 

  • Rantai karbon terpanjang yang menjadi nama alkanon harus mencakup gugus fungsi –CO–.
  • Atom C gugus karbonil harus memiliki nomor serendah mungkin. Untuk nama trivial keton, kedua gugus alkil yang terikat pada gugus karbonil disebutkan terlebih dahulu menurut alfabet, kemudian diikuti dengan kata keton.

5. Asam Karboksilat (Asam Alkanoat)

a. Pengertian Asam Karboksilat

Asam karboksilat adalah senyawa karbon dengan rumus umum R-COOH (gugus karboksil). Gugus karboksil yang terdapat pada asam karboksilat merupakan gabungan dari gugus karbonil dan gugus hidroksil. Asam karboksilat dapat dibuat melalui oksidasi kuat alkohol primer. Asam karboksilat bersifat larut dalam air, karena sifatnya yang polar. 

b. Tata Nama Asam Karboksilat

Menurut IUPAC, tata nama asam karboksilat adalah sebagai berikut.

  • Mengganti akhiran -ana dengan -anoat pada rantai karbon terpanjang pengikat gugus karboksil.
  • Memberi awalan asam pada nama alkanoatnya. 

c. Reaksi pada Asam Karboksilat

6. Ester (Alkil Alkanoat)

a. Pengertian Ester

Ester merupakan senyawa kabron dengan rumus umum R-COO-R’. Ester dapat dibuat dengan mereaksikan alkohol dengan asam karboksilat. Reaksi pembentukan ester disebut sebagai reaksi esterifikasi  yang mengikuti persamaan berikut.

RCOOH + R’OH  RCOOR’ + H2O

b. Tata Nama Ester

Menurut IUPAC, penamaan ester dilakukan dengan menyebutkan gugus alkilnya terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan gugus alkanoat. 

c. Reaksi pada Ester


Nah, Quipperian, salah satu reaksi substitusi pada ester yang penting adalah reaksi trigliserida basa yang  menghasilkan sabun (garam alkanoat) dan gliserol. Reaksi ini disebut dengan reaksi penyabunan atau saponifikasi yang mengikuti persamaan berikut.

7. Alkil Halida (Haloalkana) 

a. Pengertian Alkil Halida

Alkil halida adalah senyawa turunan alkana yang terbentuk dari reaksi substitusi atom hidrogen oleh unsur dari golongan halogen (golongan VII A). Rumus umumnya adalah R-X, dengan X adalah halogen (F, Cl, Br, I)

b. Tata Nama Alkil Halida

Menurut IUPAC, tata nama alkil halida adalah sebagai berikut.

  • Rantai terpanjang yang memiliki gugus -X dipilih sebagai rantai utama. Nomor gugus -X dibuat serendah mungkin.
  • Jika ada lebih dari 1 jenis atom halogen, urutan penomoran didasarkan pada tingkat kereaktifan halogen, sedangkan penamaan berdasarkan urutan abjad.
  • Jika jumlah atom sejenis lebih dari satu, digunakan awalan di-, tri-, dan seterusnya. 

D. Isomer pada Senyawa Karbon

Selanjutnya, Quipper Blog akan mengajak kamu untuk membahas isomer pada senyawa karbon. Apa itu isomer? Isomer adalah senyawa dengan rumus molekul atau atom penyusun sama, tetapi punya struktur yang berbeda. Keisomeran yang terjadi pada senyawa-senyawa karbon ialah isomer struktur dan isomer ruang.

1) Isomer Struktur

Isomer struktur bisa berupa isomer angka, isomer posisi, dan isomer gugus fungsi. Berikut penjelasannya, Quipperian.

  1. Isomer rangka adalah dua senyawa dengan rumus molekul yang sama, tetapi rantai utamanya berbeda. Contoh: n-butana dengan 2-metil propana.
  2. Isomer posisi adalah dua senyawa dengan rumus molekul dan rantai induk yang sama, tetapi posisi gugus fungsinya berbeda. Contoh: 1-propanol dengan 2-propanol.
  3. Isomer fungsi  adalah isomer yang rumus molekulnya sama, tetapi gugus fungsinya berbeda. Contoh: propanal dengan propanon (aldehid dan keton).

Satu hal yang perlu kamu ingat ialah pada isomer rangka yang berbeda susunan / kerangka rantai karbonnya. Sedangkan pada isomer posisi yang berubah posisi gugus fungsinya.

2) Isomer Ruang

Isomer ruang dapat berupa isomer geometri dan isomer optik.

  1. Isomer geometri adalah isomer yang terjadi pada senyawa yang mempunyai bagian  molekul tetap, seperti ikatan rangkap atau cincin. Ada dua bentuk isomer geometri, yaitu bentuk cis dan trans. Senyawa cis terbentuk ketika gugus sejenis berada di satu sisi. Sementara senyawa trans terbentuk ketika gugus sejenis berada di sisi yang berseberangan. Contoh: cis- dikloro etena dan trans-dikloro etena.
  2. Isomer optik adalah isomer yang terjadi pada senyawa yang mempunyai atom karbon asimetris atau atom karbon kiral (C kiral). C kiral artinya atom karbon tersebut mengikat 4 gugus atau unsur yang berbeda. Senyawa dengan isomer optik disebut senyawa optis aktif. Senyawa optis aktif memiliki ciri dapat memutar bidang polarisasi. Contoh: asam amino alanin dengan rumus molekul CH(NH2)(COO)(CH3).

E. Reaksi Senyawa Karbon

Setelah membahas pengertian, penggolongan, dan karakteristiknya, sekarang Quipper Blog mau membahas reaksi senyawa karbon, nih. Berikut ini ialah reaksi-reaksi umum yang terjadi pada senyawa karbon.

F. Contoh Soal Senyawa Karbon

Nah, biar kamu makin afdol belajarnya, sekarang Quipper Blog akan memberikan contoh soal, nih. Mudah-mudahan kamu bisa menemukan jawabannya dengan benar, ya!

Jumlah maksimum isomer optik yang dapat dimiliki oleh suatu senyawa dapat ditentukan berdasarkan jumlah atom C asimetris atau C kiral yang dimiliki. Jumlah maksimum isomer optik = 2n dengan n adalah jumlah atom C kiral. 

Jika jumlah maksimum isomer optik untuk senyawa 2-metil-2,4-dihidroksi pentana dan 2,4-dihidroksi pentana dinyatakan sebagai p dan q berturut – turut, maka pernyataan yang tepat adalah…

A. p = q
B. p > q
C. 
p < q
D. 
p = 2q
E. p = 4q

Jawaban: C

Sabtu, 07 November 2020

MAPEL ENGLISH LM BAB 5 RECOUNT TEXT

 

I went to Yogyakarta last holiday.

RECOUNT TEXT

OBJECTIVES

  • Learners are able to understand the use of recount text.
  • Learners are able to understand the content of a recount text

LEARN ABOUT IT

A recount text is a text that contains several chronological events explained by the writer. The events might be the writer’s personal experiences happening in his/ her life. The aim of a recount text is to tell the readers/listeners about particular chronological events.
Now pay attention to the following example of a recount text. Pay attention to how the writer tells the story chronologically.

I went to Yogyakarta last holiday. I went there with my best friends: Gian, Lili, and Fitra. There were four of us. Before we went there, we had booked our hotel for four days and three nights. We went there by train because it was cheaper and we would not get stuck in traffic.
So, our first day of adventure began and we decided to start exploring Yogyakarta from one of its most popular tourist spot: Keraton Yogyakarta. We went to keraton by pedicab. Our next destination is the museum. We went to several museums in Yogyakarta. From one museum to another, we took the bus “transjogja”. We only need to pay Rp. 3500,- for the bus. The bus was comfortable with air conditioner inside.
The second day, we went to Borobudur temple. It was quite far from the city, but it was worth the trip because you would see the wonderful view of Borobudur. Next, we went to Prambanan temple and saw the art performance in Prambanan at night.
The third day we went to Parangtritis beach. We played there until noon and we walked around Malioborostreet at night.
On the last day, we went around the city to find any local restaurant that sold local foods. Finally, we were heading home at night.
That was the most amazing experience that I have ever had with my bestfriends because that was the first time we went together for holiday. I would love to do it again someday.

In the text above, you can see that the first paragraph tells you about who was involved in the story (the author and her three friends: Gian, Lili, and Fitra), when and where the event happened (last holiday, they went to Yogyakarta). It gives you the overview of the events. This part is called orientation.

*The next paragraphs (paragraph two to paragraph five) tell you about the description of the events in chronological order from the first day until the last day. *Those paragraphs tell you more about the events. You can find where the author went or what s/he did during the events. These paragraphs are called the events.

The last paragraph tells you about the author’s statement of the event (it was the most amazing experience for her and she would love to do it again). It is also a closing statement of the text. This part is called re-orientation.

If we take a look at the text above, we will know that recount text in general consists of three parts:
  1. Orientation: This part is the opening part that gives the reader overview of the setting, the time, and/or the participants.
  2. Event(s): In this part, the author tells the reader the sequence of events that happened in the past. This part describes the series of events in detail and in chronological order.
  3. Re-orientation: This part is optional. You can include re-orientation in your text or not. If you want to include this part, you need to understand that this part is more like a closing paragraph. This part is about personal statement of the author related to the story.

Example of Recount text
A.     Vacation to London
Mr. Richard’s family was on vacation. They are Mr. and Mrs. Richard with two sons. They went to London. They saw their travel agent and booked their tickets. They went to the British Embassy to get visas to enter Britain. They had booked fourteen days tour. This includes travel and accommodation. They also included tours around London
They boarded a large Boeing flight. The flight was nearly fourteen hours. On the plane the cabin crews were very friendly. They gave them news paper and magazine to read. They gave them food and drink. There was a film for their entertainment. They had a very pleasant flight. They slept part of the way.
On arrival at Heathrow Airport, they had to go to Customs and Immigration. The officers were pleasant. They checked the document carefully but their manners were very polite. Mr. Richard and his family collected their bags and went to London Welcome Desk. They arranged the transfer to a hotel.
The hotel was a well-known four-star hotel. The room had perfect view of the park. The room had its own bathroom and toilet. Instead of keys for the room, they inserted a key-card to open the door. On the third floor, there was a restaurant serving Asian and European food. They had variety of food.
The two week in London went by fast. At the end of the 14-day, they were quite tired but they felt very happy.
B.      Between Recount and Narrative
Something which happened in the past is the main resource to compose both recount and narrative text. In writer's point of view, the thing is an experience. It can be what the writer has done, hear, read, and felt. Composing recount and narrative is retelling the experiences of the past event to be a present event.
What does recount differ from narrative?
The easiest way to catch the difference is analyzing the generic structure. Recount text presents the past experiences in order of time or place; what happened on Sunday, then on Monday, the on Tuesday. In simple way, recount describes series of events in detail. It does not expose the struggle on how to make them happen. The event happened smoothly. On the other hand, narrative introduces crises and how to solve them. Narrative text always appear as a hard potrait of participant's past experience. It reveals the conflict among the participants. Cinderella's conflicts with her step mother and sister are the example. The conflict is the most important element in a narrative text. Narrative without comflicts is not narrative any more.
C.      Visiting Bali
There were so many places to see in Bali that my friend decided to join the tours to see as much as possible. My friend stayed in Kuta on arrival. He spent the first three days swimming and surfing on Kuta beach. He visited some tour agents and selected two tours. The first one was to Singaraja, the second was to Ubud.
On the day of the tour, he was ready. My friend and his group drove on through mountains. Singaraja is a city of about 90 thousands people. It is a busy but quiet town. The street are lined with trees and there are many old Dutch houses. Then they returned very late in the evening to Kuta.
The second tour to Ubud was a very different tour. It was not to see the scenery but to see the art and the craft of the island. The first stop was at Batubulan, a center of stone sculpture. There my friend watched young boys were carving away at big blocks of stone. The next stop was Celuk, a center for silversmiths and goldensmiths. After that he stopped a little while for lunch at Sukawati and on to mass. Mass is a tourist center
My friend ten-day-stay ended very quickly beside his two tour, all his day was spent on the beach. He went sailing or surfboarding every day. He was quiet satisfied.
D.     My Horrible Experience
Let me remind you my experience during an earthquake last week. When the earthquake happened, I was on my car. I was driving home from my vocation to Bali.
Suddenly my car lunched to one side, to the left. I thought I got flat tire. I did not know that it was an earthquake. I knew it was an earthquake when I saw some telephone and electricity poles falling down to the ground, like matchsticks.
Then I saw a lot of rocks tumbling across the road. I was trapped by the rock. Even I could not move my car at all. There were rocks everywhere. There was nothing I could do but left the car and walked along way to my house, in the town.
When I reached my town, I was so surprised that there was almost nothing left. The earthquake made a lot of damage to my town. Although nothing was left, I thanked God that nobody was seriously injured.

KEYPOINTS

WHAT IS RECOUNT?

1.      Definition of Recount
Recount is a text which retells events or experiences in the past. Its purpose is either to inform or to entertain the audience. There is no complication among the participants and that differentiates from narrative
2.      Generic Structure of Recount
1. Orientation: Introducing the participants, place and time
2. Events: Describing series of event that happened in the past
3. Reorientation: It is optional. Stating personal comment of the writer to the story
3.      Language Feature of Recount
• Introducing personal participant; I, my group, etc
• Using chronological connection; then, first, etc
• Using linking verb; was, were, saw, heard, etc
• Using action verb; look, go, change, etc
• Using simple past tense

MAPEL KIMIA BAB 11 Sistem Koloid

  Pada artikel kali ini, kita akan belajar tentang materi koloid, mulai pengertian, jenis-jenis, cara pembuatan, sampai manfaat koloid dalam...