Ads

Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 04 Agustus 2020

MAPEL FISIKA BAB 3 BESARAN VEKTOR





Pada artikel Fisika kelas X kali ini, kamu akan mengetahui cara menjumlahkan vektor menggunakan tiga metode, yaitu metode grafis, analisis, dan uraian.

--

Siapa di antara kamu yang suka lari? Eits! Bukan lari dari masalah kehidupan loh, ya hehe. Tapi, olahraga lari, jogging gitu misalnya. Kamu tahu nggak nih, kalau jogging itu banyak manfaatnya, lho! Mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, fisik menjadi lebih fit dan segar, sampai menghilangkan stres. Wah, boleh juga tuh! Hitung-hitung, menghilangkan penat akibat banyaknya tugas di sekolah atau menyegarkan pikiran sebelum menghadapi ujian. 

Ngomong-ngomong masalah jogging, Rogu juga rutin melakukan jogging setiap Minggu pagi, lho. Biasanya, Rogu jogging di sekitar komplek tempat ia tinggal. Nah, berikut ini merupakan gambaran rute jogging yang biasa Rogu lewati.


 

Kira-kira nih, kamu bisa nggak menghitung berapa jarak yang ditempuh Rogu dari titik A ke titik D? Wah, kalau itu sih caranya mudah sekali, ya. Kita hanya tinggal menjumlahkan jarak dari titik AB ke titik BC, lalu ke titik CD. Sehingga, AB + BC + CD = 550 m + 650 m + 700 m = 1.900 m. Simpel banget, kan? Tapi, bagaimana dengan perpindahan Rogu dari titik A ke titik D?

Nah, jika kamu ingat, perpindahan itu termasuk besaran vektor, Squad. Perpindahan ditentukan oleh kedudukan awal dan kedudukan akhir, serta dapat bertanda positif maupun negatif, bergantung pada arah perpindahannya. Gambar rute jogging Rogu di atas bisa kita analogikan sebagai vektor nih, dengan memisalkan F1 merupakan vektor di titik AB, F2 merupakan vektor di titik BC, dan F3 merupakan vektor di titik CD.


 

Kemudian, perpindahan dari titik A ke titik D dapat ditentukan dengan mencari besar resultan vektornya saja. Apa itu resultan vektor? Resultan vektor adalah hasil dari penjumlahan dua atau lebih vektor. Terdapat beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk mencari resultan vektor nih, di antaranya metode grafis, metode analisis vektor, atau metode uraian. So, kalau kamu mau tahu metode apa yang tepat untuk mencari besar perpindahan Rogu dari titik A ke titik D, yuk simak baik-baik artikel ini!

Separator Metode penjumlahan vektor

 

1. Metode grafis

Metode yang pertama adalah metode grafis. Metode grafis adalah metode yang digunakan untuk menentukan besar resultan vektor dengan cara mengukurnya. Panjang resultan vektor dapat diukur menggunakan mistar (penggaris), sedangkan besar sudut vektor (arah vektor) diukur menggunakan busur derajat. Perlu kamu ingat, pengukuran besar resultan vektor menggunakan metode grafis harus berdasarkan skala dan besar sudut yang tepat, ya.


 

Nah, jika kamu menyimak cerita Rogu di atas, metode grafis ini merupakan metode yang tepat untuk mencari besar perpindahan Rogu dari titik A ke titik D. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menetapkan skala dari masing-masing besaran vektor. Ingat! skala yang kita tentukan harus tepat dan juga sesuai ya, Squad.

Berdasarkan cerita Rogu, besar vektor F1= 550 m, besar vektor F2= 650 m, dan besar vektor F3= 700 m. Misalkan, untuk ketiga vektor, kita menetapkan skala 100 m = 1 cm. Artinya, setiap panjang 100 m kita gambar dengan 1 cm di kertas. Jadi, vektor F1 dapat digambar sepanjang 5,5 cm, vektor F2 digambar sepanjang 6,5 cm, dan vektor F3 digambar sepanjang 7 cm.

Paham sampai di sini? Kita lanjut, ya.

Kemudian, langkah kedua adalah menggambar besar dan arah masing-masing vektor seperti pada gambar di bawah ini. Panjang vektor R = F1+F2+F3 dapat dihitung menggunakan penggaris. Sementara itu, sudut arah vektor R dihitung menggunakan busur derajat.


 

Sebelumnya, kita sudah tahu ya kalau untuk mencari perpindahan dari satu titik ke titik lain kita hanya tinggal menghitung besar resultan vektornya saja, jadi sudah dapat kita ketahui nih kalau perpindahan Rogu dari titik A ke titik D adalah sebesar 1.300 m.

Jelas ya? Bagi yang belum paham, tulis saja pertanyaanmu di kolom komentar, oke?

Oh iya, penggunaan metode grafis dalam menghitung jumlah dua atau lebih vektor ternyata memiliki kelemahan lho, yaitu dapat menimbulkan kesalahan sistematisNah, untuk menghindari kesalahan tersebut, kita dapat menggunakan metode yang akan kita bahas selanjutnya, yaitu metode analitis.

2. Metode analitis

Metode analitis adalah metode yang digunakan untuk menentukan besar resultan vektor secara matematis dengan menggunakan rumus. Adapun rumus yang digunakan merupakan rumus kosinus (cos) untuk menentukan besar resultan vektor dan rumus sinus (sin) untuk menentukan arah resultan vektor.


 

Sekarang, supaya kamu lebih mudah untuk memahami cara mencari besar dan arah resultan vektor menggunakan metode ini, yuk, langsung saja kita simak contoh soal berikut ini.

Contoh soal

null

Hitunglah besar dan arah vektor resultannya terhadap sumbu x positif!

Penyelesaian:

a. Besar resultan vektor

null
 
null

 b. Arah resultan vektor

null

 

null

Jadi, besar resultan vektornya adalah akar akaran 1 dan arah resultan vektornya adalah 22,3o terhadap sumbu x positif. Gimana, mudah, kan? Oke, selanjutnya, kita masuk ke metode penjumlahan vektor yang terakhir, nih. Apakah itu? Yap! Metode uraian.

3. Metode uraian

Metode penjumlahan vektor yang terakhir adalah metode uraian. Pada materi sebelumnya, kamu telah mempelajari cara mencari komponen-komponen dari suatu vektor kan, Squad. Nah, pada metode uraian ini, sebelum kita mencari besar resultan vektor, kita uraikan terlebih dahulu vektor-vektor tersebut menjadi komponen vektor pada sumbu x dan komponen vektor pada sumbu y di koordinat kartesius.

Kamu masih ingat kan cara mencari komponen vektor pada sumbu x dan y? Hayo, bagi yang sudah lupa, dipahami lagi ya materi sebelumnya.

Setelah kita menguraikan vektor-vektor tersebut menjadi komponen vektor, barulah kita bisa mencari besar resultan vektornya, yaitu dengan menggunakan rumus akar akaran 2  dan arah resultan vektornya dengan rumus tanNahdelta 1 ini artinya jumlah komponen-komponen vektor pada sumbu x dan delta 2 artinya jumlah komponen-komponen vektor pada sumbu y.

Perlu kamu perhatikan, besar suatu vektor akan selalu bernilai positif. Selain itu, dalam menentukan arah vektor, kita harus memperhatikan tanda Ax dan Ay yang nantinya akan menentukan kuadran dari vektor dalam sistem koordinat seperti pada tabel berikut ini:

tabel-2

 

Bingung? Tenang, nggak usah bingung-bingung, kita langsung coba kerjakan contoh soal di bawah ini saja, yukLet’s go!

Contoh Soal

null

Apabila F1 = 2 N, F2 = 10 N, dan F3 = 6 N, maka tentukan resultan dari ketiga vektor tersebut!

Pembahasan:

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mengerjakan soal di atas adalah dengan menguraikan vektor F1F2, dan F3 terhadap sumbu x dan sumbu y.

Pada sumbu x:

➔F1x → -F1x = -2 N (tanda negatif menandakan arah vektor ke kiri).

➔F2x = F2 sin θ → F2x = (10) sin 53°= (10)(0,8) = 8 N (tanda positif menandakan arah vektor ke kanan).

➔F3x = 0 N (angka nol (0) menandakan F3 tidak memiliki proyeksi vektor/komponen vektor pada sumbu x karena F3 tegak lurus terhadap sumbu x).

Jadi, ΣF= F1x + F2x + F3x = -2 + 8 + 0 = 6 N

Pada sumbu y:

➔F1y = 0 N (angka nol (0) menandakan F1 tidak memiliki proyeksi vektor/komponen vektor pada sumbu y karena F1 tegak lurus terhadap sumbu y).

➔F2y = -F2 cos θ = -(10) cos 53° = -(10)(0,6) = -6 N (tanda negatif menandakan arah vektor ke bawah).

➔F3y = 6 N (tanda positif menandakan arah vektor ke atas).

Jadi, ΣFy = F1y + F2y + F3y = 0 + 6 - 6 = 0 N

Selanjutnya, setelah kita mengetahui komponen-komponen dari ketiga vektor di atas terhadap sumbu x dan y, maka kita dapat mencari resultan dari ketiga vektor tersebut.

akar akaran 3

Jadi, resultan dari vektor F1, F2, dan F3 adalah 6 N. Gimana? Ternyata nggak sesulit yang kamu kira, kan?

Oke, setelah kamu memahami ketiga metode penjumlahan vektor di atas, menurutmu, metode mana yang lebih mudah? Eits! Tapi ingat, jangan mentang-mentang kamu sreg dengan satu metode, terus metode yang lainnya tidak kamu pahami, deh. Kamu juga harus paham ketiga-tiganya, Squad. Siapa tahu keluar di ujian nanti.

Klik LINK soal dan pembahasan besaran vektor 

Klik LINK mengerjakan PR Bab 3

Klik LINK mengerjakan QUIZ Bab 3





Senin, 03 Agustus 2020

MAPEL ENGLISH LM BAB 2 THE EXPRESSIONS OF GIVING ADVICE USING " SHOULD"



Objectives
  • Learners are able to understand the expressions of giving advice using ‘should’
  • Learners are able to use expressions of giving advice using ‘should’
Learn about it!
Look at the picture below!



we see some books in the picture, the girl  looks tired and seems unwell. Perhaps, She studied hard last night or getting an exam the next day.  What should she do?
She should take a rest or stop studying.




What should She do?

Pay attention to the following dialogue.


Now pay attention to the underlined sentences. Those sentences were used by Wina to advise Tony that if Tony went through Diponegoro street, he would get trapped in the traffic jam due to the landslide happening in Diponegoro street. You can use the following expression if you want to give advice to someone.

Now, pay attention to the underlined sentences:
  • Make sure we dispose the garbage in the proper places.
  • Do not throw your garbage in the wrong place.
Those two sentences were used by the teacher to warn the students not to do something. The sentences are called warningsA warning means giving information about something bad that may happen if someone does something.
The reason for giving warnings is the people who give warning wants the person become more careful. On the text, the teacher warns the students not to throw the garbage in the wrong place because the improper garbage disposal will cause flood.
The following are utterances generally used to give warning:

  • Be careful of ....
  • Don’t ....
  • Beware!
  • Beware of ....
  • Look out!
  • Watch out!
  • Watch out for ....
  • Make sure + subject + verb ....
SHOULD
Should is a modal verb.
With modals verbs, there is only one form of it for every subject pronoun:
·         should
·         You should
·         He should
·         She should
·         It should
·         We should
·         They should
There is never an S at the end of should:
·         He shoulds study. (NOT CORRECT)
·         He should study. (CORRECT)
After Should we have the base form of the infinitive (= verb without ‘To’ e.g. Go instead of To Go)
Should + Verb (base form of infinitive)
·         You should go now. (Correct)
·         You should to go now. (NOT correct)
·         He should wait. (Correct)
·         He should waits. (NOT correct)
Example sentences with Should:
·         should eat more vegetables.
·         You should take an umbrella.
·         He should go to the doctor.
·         She should apply for the job.
·         It should be fine.
·         We should study more.
·         They should wait until tomorrow.
One other thing, we do not pronounce the L in the word should. (Listen to the pronunciation of should in our video)

When do we use SHOULD in English?
1. To give advice, a recommendation or a suggestion
This is to say that it is the right thing to do or the correct thing.
·         You should see the new Star Wars movie. It’s great!
·         He should go to the dentist if his tooth still hurts.
·         The test is next week. We should study for it now.
·         You should try that new restaurant on Main Street.
2. To express that a situation is likely in the present  or in the future. This is a type of expectation or prediction.
·         Mary should be at home now. Give her a call.
·         He should have the letter now. I sent it last week.
·         Our team should win the game on Saturday. (Because we have been training all month so it is our expectation, or prediction that we will win.)
·         It should be sunny tomorrow. 
3. Expresses an obligation that is not as strong as Must.
Sometimes Should is used instead of Must to make rules, orders or instructions sound more polite.
This may appear more frequently on formal notices or on information sheets.
·         Applications should be sent before the 30th.
·         He should drive more carefully.
·         Everyone should wear a seatbelt in a car.
·         You should pay more attention in class.
All of the above example sentences can have must instead of should making the obligation stronger and less polite.
For example: Applications must be sent before the 30th.
4. Something was expected in the past but it didn’t happen (should + have + past participle)
This expresses the idea that the subject did not fulfill their obligation in the past or did not act responsibly.
·         Anna is late. She should have arrived by now.
·         should have called Fred this morning but I forgot.
·         You should have given your boss the report yesterday when he asked for it.
5. Not fulfilling an obligation (should + be + verb-ing)
This expresses the idea that someone is not fulfilling their obligation or is not acting sensibly right now.
·         You should be wearing your seatbelt. (The person isn’t wearing one right now)
·         We should be studying for the exam. (We are not studying right now and we should be studying)
6. Sometimes should is replaced by ought to without a change in meaning. Note that ought to sounds more formal and is used less frequently.
·         You ought to go home now. (= You should go home now)
·         She ought to take her dog for more walks. (= She should take her dog…)
·         They ought to stop doing that. (= They should stop doing that)

Shouldn’t
The negative of should is shouldn’t or should not.
We almost always use the contraction 
shouldn’t in spoken English.
We use shouldn’t to advise not to do something, usually because it is bad or the wrong thing to do.
·         You shouldn’t eat that dessert if you are sick.
This is my recommendation not to do something, not to eat that dessert.
·         She shouldn’t buy that dress, it’s too big for her.
·         You look tired. You shouldn’t work so much.
·         He shouldn’t talk to his boss like that.
Notice how all of these sentences are about a recommendation or advice NOT to do something.
Think + should
We do not use: I think + shouldn’t.
We use: I 
DON’T think + should.
·         I think you shouldn’t go there. (NOT correct)
This is NOT correct because we don’t have the negative shouldn’t after I think.
Instead we make the verb THINK negative and say:
·         don’t think you should go there. (Correct)
A couple more examples:
·         don’t think he should eat that.
·         don’t think we should start yet.
Should in Questions
We use should in questions when we want advice, a recommendation, or a suggestion.
Let’s look at this affirmative sentence:
·         should go now.
How can we change this to a question?
We change the order of the modal verb should with the subject.
So the question becomes:
·         Should I go now?
A couple more examples…
·         Should I wear the green shirt? (I am asking for your advice or recommendation)
We can also have the W words like What, When, Why, etc. before the modal verb.
·         What should we do now? (What do you suggest?)

SHOULD Summary Chart


LINK for do the homework - 1

LINK for do the homework - 2

LINK for do the homework - 3 

LINK for do the quiz ch-2 

Time limit till 02.00 pm











MAPEL KIMIA BAB 11 Sistem Koloid

  Pada artikel kali ini, kita akan belajar tentang materi koloid, mulai pengertian, jenis-jenis, cara pembuatan, sampai manfaat koloid dalam...